Monday 12 March 2012

Depresi...Minum Teh Hijau

- Kita mungkin sudah banyak yang mengetahui manfaat teh hijau untuk kesehatan. Teh hijau mengandung zat antioksidan yang dapat menolak racun yang akan masuk ke tubuh kita. Teh hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan kesehatan rambut. Namun berdasarkan sebuah penelitian, terungkap manfaat lain teh hijau yakni mampu menghapus kesedihan mereka yang mengkonsumsinya Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan orang-orang berumur yang sering minum teh hijau cenderung jarang mengalami perasaan sedih dan kesepian.
Dikutip dari Examhealth, sebuah penelitian di Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering berhasil menemukan bahwa para orang tua yang meminum sedikitnya empat cangkir teh hijau per hari, 44% berpeluang lebih rendah mengalami gejala depresi. Hasil ini diketahui setelah tim peneliti melakukan riset terhadap 1.058 laki-laki dan perempuan berusia 70 tahun ke atas. Diketahui sekitar 34% laki-laki dan 39% perempuan dalam penelitian tersebut memiliki gejala-gejala depresi.



"Sebanyak 488 partisipan mmengutarakan bahwa mereka setidaknya minum empat cangkir teh hijau per hari, 248 partisipan mengatakan minum sebanyak 2-3 cangkir, dan sisanya sekitar 286 partisipan hanya meminum paling banyak satu cangkir sehari," ungkap Dr. Kaijun Niu, sang peneliti.
Kaijun juga mengungkapkan bahwa hubungan antara meminum teh hijau dengan penurunan gejala-gejala depresi tetap kuat, bahkan setelah memperhitungkan status sosial dan ekonomi, gender, makanan, sejarah medis, penggunaan obat antidepresan, kebiasaan merokok dan aktivitas fisik.

Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition ini menyebutkan bahwa asam amino theanine yang terkandung dalam teh hijau diyakini memberikan efek yang bisa menenangkan otak. Ini tentu saja berbeda dengan minuman sejenisnya, seperti teh hitam atau teh oolong, atau justru kopi yang tidak memiliki manfaat serupa.

Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah yang banyak memang memiliki efek antidepresan.

0 komentar:

Post a Comment